alex2

Kairo.  Hari ini, Jumat (30/8) kembali terjadi aksi demonstrasi besar-besaran di seantero penjuru Mesir. Massa pendukung presiden terpilih Muhammad Mursi  kembali turun ke jalan melakukan aksi damai menentang kudeta militer serta pembantaian yang dilakukan junta militer Mesir.

Demonstrasi terbesar terjadi di kota Alexandria dimana masyarakat ikut memberikan dukungan dari rumah-rumah dan apartemen dengan turut meneriakkan yel-yel dan tanda empat jari sebagai bentuk dukungan mereka.

Sementara itu, nampak helikopter militer terbang rendah di atas Istana Ittihadiyah dan terus berputar-putar memantau situasi demonstrasi yang terus berlangsung.

Dan di tembok Istana Ittihadiyah dipenuhi tulisan-tulisan berbunyi: “Mursi kembali” “Jatuhlah Anjing-anjing Militer” “Assisi pembunuh/penghianat”.

Tindakan represif militer Mesir ternyata tidak mampu membendung aksi massa yang pro-demokrasi  untuk menuntut dikembalikannya pemerintahan Mesir yang sah dan menentang pemerintahan kudeta yang akan membawa Mesir kembali kepada kekuasaan diktator di bawah rezim militer. (msa/sbb/dakwatuna)