syaikh-shalih-al-fauzan

Artikel ini adalah sebagai tanggapan awal atas banyaknya salafi-salafi bengis di Indonesia yang mengutuk Ikhwanul Muslimin Mesir. Pertanyaan saya pribadi untuk mereka :

  • Apakah boleh memberontak terhadap pemerintah sekalipun dia dzalim ?
  • Lantas bagaimana dengan pemerintah yang tidak dzalim yang terbukti hafal al-Qur’an 30 juz dan terbukti nyata membela kemuliaan umat Islam di Palestina dan rakyat Mesir khususnya. Apakah boleh memberontak terhadap pemerintah yang tidak dzalim ini ?
  • Apakah pembantaian terhadap umat Islam Mesir bisa terjadi seperti yang telah kita saksikan bersama, seandainya mereka yang menjadi pemenang kedua dari pemilu Mesir tidak ikut serta dalam barisan pendukung pemberontak terhadap pemerintahan yang sah yang tidak dzalim ? Militer tidak akan berani seandainya hanya didukung oleh partainya al-Baradei yang hanya memenangkan 1,7% suara dari pemilu Mesir, dan sebagian kecil kaum sekuler yang membenci Islam.

Mengapa di tengah penderitaan umat muslim Mesir seluruhnya termasuk kelompok kalian, masih saja kalian menyebarkan paku-paku kebencian terhadap saudaranya. Siapakah yang lebih Khawarij antara mereka dan kalian ? Semoga nasihat Syaikh Shalih bin Fauzan ini bisa membuat mulut-mulut dan hati-hati kotor kalian bisa subur kembali dari kegersangan untuk tidak membenci saudaranya sesama muslim.

Pembantaian ribuan muslim Mesir yang dilakukan oleh militer menuai protes jutaan muslim lainnya di berbagai negara. Sayangnya, di tengah duka umat Islam itu, ada segelintir orang yang justru mencela dan menyalahkan sesama muslim korban pembantaian militer. Di tengah pembelaan umat Islam dari penjuru dunia, ada segelintir orang yang justru ‘tertawa’ atas terbunuhnya saudara mereka.

Syaikh Shalih Bin Fauzan memberikan nasehat kepada umat Islam, termasuk yang mengaku sebagai salafi, agar hanya berkata yang baik tentang apa yang terjadi di Mesir. Jika tidak bisa, ulama Salafi terkemuka itu menasehatkan agar mereka diam. Syaikh juga menasehatkan agar umat Islam mendoakan agar Allah menolong mereka dan mengeluarkan mereka dari kesulitan.

Berikut video nasehat Syaikh Shalih Bin Fauzan dan terjemahnya:

Pertanyaan:
Tentu tidak samar lagi bagi Anda mengenai peristiwa yang terjadi di Mesir akhir-akhir ini yang merupakan cobaan dan fitnah. Apa nasehat Anda bagi kaum Muslimin di Mesir dan juga bagi para penuntut ilmu agama di negeri ini?

Jawab:
Peristiwa ini merupakan fitnah, dan kaum Muslimin hendaknya mencegah fitnah dan menjauhkan diri darinya. Dan hendaknya tidak berkata-kata mengenai hal ini kecuali perkataan yang mengandung kebaikan bagi semua orang. Sekali lagi, kecuali perkataan yang mengandung kebaikan bagi semua orang. Dalam rangka meredam fitnah dan menghentikan keburukan-keburukan yang menimpa kaum Muslimin. Jika seseorang tidak mampu melakukan hal ini, yaitu tidak mampu mendamaikan dua pihak yang saling memerangi, maka hendaknya diam.

Adapun doa, maka pintu doa itu hendaknya selalu dibuka bagi semua kaum Muslimin dimana pun, agar Allah menolong mereka dan mengeluarkan mereka dari kesulitan.[IK/Ytb/KUM/bersamadakwah.com]