mesir-babak-3

Puluhan orang kembali gugur di seluruh Mesir akibat bentrokan pendemo pro Mursi dengan  pasukan keamanan Mesir yang bentrok di Kota Kairo dan provinsi lain pada hari Jumat ini .

Di kota Mediterania Damietta , delapan orang gugur diterjang peluru pasukan keamanan, Reuters melaporkan, mengutip sumber-sumber medis.

Di ibukota Kairo, tembakan menembus dua demonstran, kata saksi.

Asap terlihat mengepul dari Kairo Ramses Square, di mana ribuan orang berkumpul setelah shalat Jumat. Reuters melaporkan bahwa empat gugur  di sana.

Di kota Suez Canal Ismailia sumber keamanan mengatakan lima demonstran  pro Mursi gugur diterjang peluru tajam, menurut AFP.

Koresponden Al Arabiya di Port Said, melaporkan bahwa bentrokan pecah antara pendukung Mursi dan pasukan keamanan.

Kekerasan terjadi  juga dilaporkan di tempat lain,  media pemerintah mengatakan ada polisi tewas dalam serangan bersenjata di sebuah pos pemeriksaan di Kairo.

Dan sumber-sumber keamanan mengatakan bentrokan pecah antara pendukung Mursi dan pasukan keamanan di Tanta, utara ibukota.

Demonstrasi terjadi juga dilaporkan di kota Mediterania Alexandria, di Beni Sueif dan Fayoum, sebelah selatan Kairo, dan di kota wisata Laut Merah Hurghada.

“Ganyang pemerintahan militer,” teriak demonstran saat mereka melambaikan foto Mursi dan bendera Mesir. (Arby/Dz)