paus-orthodoks

Pembantaian yang dilakukan militer Mesir ternyata mendapat dukungan dari pemuka agama. Melalui akun twitternya, Tawadros II, Paus Gereja Orthodoks berterima kasih kepada As-Sisi atas apa yang telah dilakukannya.

“Terima kasih… Terima kasih… Terima kasih… bagi semua orang yang telah membuka pintu-pintu harapan bagi kita semua. Mereka adalah militer Mesir yang agung, kepolisian Mesir yang hebat, rakyat Mesir yang memelihara asal-usul leluhurnya. 26/7/2013. Terima kasih… Terima kasih… Terima kasih…”, tulisnya seperti dikutip Dakwatuna.

Sikap seperti inilah yang sangat disayangkan. Pemuka keagamaan yang turut memprovokasi rakyat untuk berdemonstrasi yang memberi mandat militer kudeta untuk membunuhi demonstran damai.

Mursyid ‘Amm Ikhwanul Muslimun di antara pihak yang menyayangkannya. Dalam risalah pekanan, beliau mengirimkan surat terbuka yang mengingatkan persatuan, jasa umat Islam membebaskan umat Kristen Koptik dari penindasan Romawi, dan bagaimana umat Islam memperlakukan mereka dengan baik selama memerintah Mesir.