demo-mursi-2

Ratusan ribu massa  Pro Mursi membanjiri jalan-jalan di Mesir menuntut kembalinya presiden terguling Mohamed Mursi, di tengah ancaman peringatan  militer untuk bertindak keras terhadap demonstrasi protes.

Dua formasi jet tempur terbang di atas kedua kota , Kairo dan Alexandria setelah shalat Jum’at siang berakhir.

Empat helikopter militer berputar-putar, terbang rendah di atas angkasa  Kairo, dalam sebuah unjuk  kekuatan oleh militer.

Melambaikan bendera Mesir dan meneriakkan slogan-slogan, kerumunan pengunjuk rasa berkumpul di dekat Masjid  Rabaa al-Adawiya , di mana pendukung Mursi ini telah berkemah sejak penggulingannya oleh militer pada 3 Juli.

“Islam, Islam,” teriak mereka, harapan mereka untuk membentuk pemerintahan berdasarkan syariat  Islam.

Di sisi lain, Penentang Mursi merencanakan demonstrasi mereka sendiri pada hari Jumat di Tahrir Square dan di luar istana presiden.

Selain itu Sejumlah rombongan mini bus pendukung pro Mursi yang berasal dari luar kota Kairo di berondong senjata api pasukan militer Mesir.

Kejadian penembakan berlangsung ketika rombongan mini bus yang terdiri dari penumpang laki-laki dan perempuan memasuki kota Asyir Min Ramadhan yang berada di pinggiran kota Kairo.

Sebanyak 7 kali tembakan dilepaskan ke arah rombongan pro Mursi yang berasal dari Provinsi Port Said.

Dinas kesehatan Mesir hingga saat ini, belum mendapatkan laporan tentang adanya korban luka dan meninggal akibat tembakan senjata api milik pasukan militer Mesir.

Rencananya rombongan mini bus akan ikut bergabung dengan pendukung pro Mursi di Medan Rabi’ah Al-Adawiyah, Kairo. (Aljazeera/KH/rassd/Zhd/eramuslim.com)