PARA pendukung Presiden Mesir yang terguling, Muhammad Mursi, menggelar aksi protes massa di Kairo untuk menentang terbentuknya kabinet pemerintahan baru sementara negara itu.

Dilaporkan ratusan pendukung Mursi berkumpul di luar markas kabinet di pusat kota Kairo pada Rabu malam tadi 917/7/2013).

Sambil membawa poster presiden yang digulingkan serta meneriakkan slogan-slogan menentang militer, para demonstran mengecam pemerintahan baru sementara yang didukung militer dan menuntut pemulihan Mursi.

Para pendukung Ikhwanul Muslimin juga menuduh militer telah melakukan kudeta terhadap pemimpin pertama yang terpilih secara demokratis di negara tersebut.

Bentrokan sporadis dilaporkan terjadi antara polisi Mesir dan demonstran pro Mursi.

Bentrokan terbaru ini datang dua hari setelah tujuh orang tewas dan lebih dari 200 terluka dalam bentrokan antara loyalis Murai dan pasukan keamanan di dan sekitar Kairo.

Sementara itu, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton melakukan perjalanan ke Mesir untuk membahas krisis di negara itu. Kunjungannya ke Mesir terjadi sehari setelah 34-anggota kabinet Mesir yang baru melakukan sumpah jabatan.[fq/islampos/prtv]