Surabaya – Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Indonesia (KAMMI) menggelar demo menolak rencana kenaikan BMM berakhir ricuh.

Awalnya, belasan mahasiswa KAMMI ini menggelar orasi di Jalan Gubernur Suryo depan gedung Grahadi, Kamis (30/5/2013). Mereka juga menyuarakan penolakan rencana pemerintah yang akan menaikan BBM. Serta menuntut pemerintah efisiensi anggaran dan lebih memprioritaskan anggaran yang bersentuhan langsung dengan rakyat.

Selain itu, mereka juga membentangkan berbagai poster yang diantaranya bertuliskan ‘Tolak kenaikan harga BBM, optimalkan energi alternatif. Berantas mafia minyak’,’Optimalkan transportasi massa. Tolak kenaikan BBM’ dan berbagai poster lainnya. Pendemo juga mengusung keranda yang bertuliskan ‘Tolak kenaikan bensin’.

“Prioritaskan anggaran yang bersentuhan dengan rakyat! Ini solusi untuk mengurangi beban APBN untuk subsidi BBM!,” teriak Korlap Aksi, Adam.

Kemudian mahasiswa menggelar aksi teatrikal. Dua mahasiswa yang berperan sebagai SBY-Budiono memukul seeorang dan menyiramnya dengan BBM. Ini sebagai simbolis dari kesengsaraan rakyat atas sikap pemerintah. Saat akan melakukan adegan membakar keranda, korlap aksi sempat adu mulut dengan polisi.

“Kita hanya mau bakar keranda pak! Bukan bakar foto SBY!,” teriaknya.

Suasana semakin memanas, ketika ada seseorang menendang kaki korlap aksi. Adam pun naik pitam dan berusaha mencari pelakunya. Namun, situasi menjadi ricuh, karena beberapa aparat kepolisian mengamankannya dan menggiringnya ke tepi jalan. Korlap aksi itu pun berontak saat diamankan, sehingga beberapa polisi sempat terjatuh.

Beberapa saat kemudian, situasi kembali tenang. Namun, aksi mereka di Jalan Gubernur Suryo, sempat membuat arus lalu lintas yang menuju ke arah Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Yos Sudarso mengalami padat merambat, karena banyak pengendara yang mengurangi kecepatan kendaraannya. Namun arus kembali lancar setelah melintasi kerumunan itu.

(roi/fat)

http://news.detik.com/surabaya/read/2013/05/30/160020/2260547/466/demo-tolak-kenaikan-bbm-di-surabaya-ricuh