INILAH.COM, Jakarta – PKS meminta Menkopolhukam Djoko Suyanto untuk mencegah perayaan Hari Kemerdekaan Israel ke-63 di Jakarta digelar di tempat terbuka.

“Saya meminta agar Menkopolhukam beserta Kementerian dan lembaga negara yang berada di bawah koordinasinya segera mengambil inisiatif untuk mencegah agar perayaan itu tidak dilakukan di tempat umum,” ujar politisi PKS Nasir Jamil kepada INILAH.COM, Rabu (11/5/2011).

Ia menilai acara tersebut bukan hanya semata bersifat keagamaan, melainkan sudah bersifat kenegaraan. Sementara Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel.

“Meski Yahudi di Nusantara sudah ada sejak lama, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel,” imbuhnya.

Menurutnya, perayaan tersebut tidak masalah jika digelar secara tertutup.
“Kalau mereka merayakan di tempat tertutup dan hanya untuk komunitas mereka sendiri, saya pikir masih bisa ditolerir,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, Komunitas Yahudi di Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Israel ke-63 di Ibu Kota Jakarta. “Kami akan menggelar HUT (hari ulang tahun) Kemerdekaan ke-63 Israel pada Sabtu (14/5/2011) mendatang,” ujar anggota komunitas Yahudi selaku inisiator acara Unggun Dahana kepada INILAH.COM, Rabu (11/5/2011).

Unggun enggan memberitahu lokasi acaranya untuk menghindari adanya penyusup. Setiap peserta akan berangkat pukul 05.00 WIB. “Tempat dan waktu acara akan diumumkan menjelang detik-detik terakhir,” katanya. [bar]

Iklan