Hidayatullah.com–Yasir Burhami, salah satu tokoh komunitas Muslim Iskandariyah yang menyatakan sebagai pengikut salaf menyatakan ucapan selamat untuk Usamah bin Ladin, yang disebutnya telah memperoleh apa yang telah ia cita-citakan. Ia juga mengharapkan agar Usamah diterima sebagai seorang syuhada, demikian menurut situs anasalafy.com (2/5).

Yasir burhami menyatakan, “Dunia memberikan ucapan selamat kepada Obama dan Amerika. Sedangkan kami mengucapkan selamat kepada Usamah. Engkau telah memperoleh apa yang engkau inginkan! Engkau keluar dari istana menuju terjalnya pegunungan dan dalamnya gua-gua tidak lain untuk kematian seperti ini….”

Respek walau Berbeda Pendapat

Yasir mengkaui banyak hal yang ia tidak sependapat dengan Usamah bin Ladin, ”Kami berbeda pendapat dengannya dalam banyak perioritas amalan, juga terhadap banyak proyek yang dilakukan oleh siapa saja yang menisbatkan diri sebagai pengikutnya di negara-nagara Muslim dan Barat, seperti kejadian 11 September. Akan tetapi saya yakin bahwa ia ingin membela Islam dan umatnya. Ia marah terhadap musuh agama ini dan mencintai jihad di jalan Allah. Maka ia dan rekan-rekannya bisa benar atau salah dalam ijtihad mereka.”

Pernyataan HAMAS

Sebelumnya, sayap pejuang Palestina, HAMAS ikut menyampaikan rasa duka. Dalam sebuah pernyataan, Perdana Menteri Palestina di Gaza, Ismail Haniya, mengecam pembunuhan terhadap Usamah bin Ladin oleh pasukan khusus AS di kota Pakistan Abbottabad, Senin, (2/5) kemarin.

“Jika berita ini benar, maka kami menganggap ini sebagai kelanjutan kebijakan Amerika yang didasarkan pada penindasan dan pertumpahan darah di dunia muslim dan Arab,” ujar Haniya selama pertemuan dengan wartawan di kantornya di kota Gaza Senin sore.

Dalam pidatonya di depan wartawan, Haniya juga menyatakan berkabung dan duka yang mendalam atas syahidnya, Usamah Bin Ladin. Haniya menyebut Usamah sebagai pejuang suci Arab.*