Eramuslim.com, Warga Amerika berkumpul dalam luapan kegembiraan untuk menghibur diri dengan menyanyi dan bertepuk tangan Senin dini hari ini (2/5), setelah presiden Obama mengumumkan bahwa Usamah bin Ladin telah tewas, termasuk ratusan orang berkumpul di ground zero lokasi tempat menara kembar pernah berdiri di Lower Manhattan.

Banyak warga melambaikan bendera Amerika atau mengambil dan saling berfoto. Sekelompok warga juga bersorak-sorai dengan spontan dan bernyanyi, termasuk menyanyikan lagu Lee Greenwood yang berjudul “I’m Proud to be an American.”

Lebih jauh pusat kota di Times Square, puluhan orang berdiri bersama-sama sambil berteriak-teriak dan saling memotret. Sebuah SUV melintas dan lampu menyala dan terdengar sirene, dan kerumunan orang bertepuk tangan. Seorang pria melambaikan bendera Amerika dan warga lainnya menyanyikan lagu kebangsaan AS “The Star-Spangled Banner.”

Dan di Washington, DC, sebkelompok besar massa berkumpul di depan Gedung Putih untuk merayakan kematian Usamah, sambil meneriakkan “USA! USA!” dan melambai-lambaikan bendera Amerika. Kerumunan itu memenuhi jalan di depan Gedung Putih dan tumpah ke Lafayette Park.

Will Ditto, 25 tahun, seorang staf legislatif, mengatakan ia sedang bersiap-siap untuk tidur pada Minggu malam ketika ibunya memanggilnya dan menyampaikan berita kematian Usamah. Dia memutuskan untuk meninggalkan rumahnya di Capitol Hill dan bergabung dengan kerumunan massa. Ketika ia naik kereta bawah tanah menuju ke Gedung Putih, dia mengatakan kepada sesama penumpang tentang berita kematian Usamah bin Ladin.

“Ini berita besar,” katanya. “Ini hari besar untuk menjadi orang Amerika.”

Mahasiswa George Washington University Alex Washofsky, 20 tahun, dan teman sekamarnya Dan Fallon, 20 tahun, juga bergabung dengan kerumunan massa.

“George Bush berkata, ‘Bawa dia untuk keadilan, hidup atau mati,’ dan kami melakukannya,” kata Washofsky, seorang junior dan anggota Angkatan Laut Reserve Officer Training Corps.

Orang-orang mulai berkumpul sebelum Presiden Barack Obama berpidato sekitar pukul 11:30 Minggu malam waktu setempat. Pada tengah malam, orang-orang memenuhi jalanan di depan Gedung Putih dan perayaan itu tumpah ke Lafayette Park di sebelah utara Gedung Putih.

Beberapa orang berlari untuk bergabung dengan kerumunan. Lainnya tiba di lokasi dengan menggunakan sepeda, dan beberapa orang membawa anjing mereka.

Bendera Amerika dari semua ukuran dikibarkan setinggi-tingginya, atau dikenakan tersampir di bahu. Beberapa orang memanjat pohon dan tiang lampu untuk lebih menampilkan bendera yang mereka bawa.

Pesta jalanan dadakan di AS terjadi dalam menyambut kematian Usamah bin Ladin. (fq/ap)