al-ikhwan.net – Cairo, Anggota Majelis Syura Ikhwanul Muslimin Mohammad Gamal Heshmat menyatakan bahwa Ikhwan telah berinisiatif menjembatani dialog dan rekonsiliasi antara kelompok Salafi dan kelompok Sufi di Mesir -dua kelompok yang memiliki pengikut banyak-, sebagai upaya untuk mendekatkan kelompok-kelompok Islam yang ada sekaligus dalam rangka untuk menghindari masalah di Mesir yang dapat merusak stabilitas nasional Mesir.

Heshmat mengatakan bahwa pertemuan pada hari Minggu yang akan datang insya Allah akan diadakan di Governorat  Behira, Mesir -sekitar 80 km sebelah utara Kair0- antara Salafi dan Sufi untuk membuat kesepahaman antara dua kelompok Islam Sunni itu. Setelah sebelumnya ada pertemuan di Alexandria yang mendiskusikan poin-poin perbedaan dan point-point kesamaan di antara kelompok umat Islam.

Ini benar-benar rekonsiliasi bersejarah yang berlangsung untuk pertama kalinya di Mesir. Karena pada zaman rezim Mubarak dahulu perbedaan justeru dibesarkan-besarkan, dan upaya untuk dialog dan rekonsialiasi selalu dihalang-halangi pemerintah. Bahkan pasca lengsernya Mubarak pun masih berusaha untuk mengadu domba antar kelompok-kelompok Islam. (iw)

Iklan