PKS Dituntut XL !

Mana Yang Lebih Diuntungkan?

pks8-xl

Emang nggak ada matinya ni partai. Selalu saja membuat polemik dan kontroversi. Mulai dari iklan Pahlawan Nasional, iklan saling sindir antara elit-elit politik dan yang terakhir dianggap mendompleng logo provider seluler XL.

Untuk yang terakhir, entah siapa yang merasa keberatan sekaligus juga merasa diuntungkan. Iklan PKS yang menggunakan format salah satu operator terbesar di Indonesia, XL, sebenarnya sudah beredar jauh hari setelah nomor urut delapan diperolehnya atau mungkin lebih lama lagi khususnya di dunia maya. Tapi baru menjadi kontroversi setelah beredar di tabloid Suara Islam. Telat buanget ya?? ๐Ÿ™„

Ceritanya juga masih simpang siur, siapa yang menuntut iklan PKS ini. Pasalnya Mabruri sebagai humas PKS menolak bahwa iklan ini adalah resmi dikeluarkan oleh partainya. โ€œSemua iklan yang dibuat oleh PKS sudah diserahkan kepada biro iklan. Kalaupun, iklan tersebut dipasang di media cetak, besar kemungkinan dipasang oleh orang lain. Karena menurutnya, siapapun bisa menggunakan logo PKS.โ€

Lanjutnya, โ€œBisa saja itu digunakan oleh struktur PKS di daerah-daerah, seperti DPD, DPW, atau kader perseorangan? Kendati demikian, semua harus atas persetujuan dari DPPโ€.

Tapi kalau dipikir-pikir, sebenarnya siapa yang diuntungkan dengan iklan poster provider-provider seluler ini? Saya sebut provider-provider (jamak) karena bukan cuma XL, tapi juga provider lain semisal Indosat, Telkomsel hingga Axis.

Contohnya seperti dalam program direct selling partai tersebut โ€œKetok Sejuta Pintuโ€, para masyarakat yang bersedia menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam koesioner oleh sejumlah kader diberikan kartu perdana XL gratis yang secara otomatis akan dapat meningkatkan omzet provider tersebut karena pembelian voucher isi ulang yang berkelanjutan oleh masyarakat yang menerimanya.

Belum lagi promosi secara tidak langsung oleh sejumlah kader dan simpatisan di ratusan bahkan ribuan blog-blog pribadi yang meraja lela di dunia maya. Meski hanya sebuah pelesetan dari provider-provider seluler tersebut, tetap saja image provider-provider terangkat dengan sendirinya tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Simbiosis mutualisme? ๐Ÿ™„ Politik-politik!! ๐Ÿ‘ฟ ๐Ÿ˜ˆ So! Siapa yang untung? ๐Ÿ™„ Siapa yang rugi? ๐Ÿ™„

indosatpks-operator-150x150