Time : Hamas dan Haneya Paling Banyak Pendukungnya di Tepi Barat

Infopalestina : Harian Time Amerika dalam terbitan Sabtu (7/2) mengungkapkan, berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan secara independent yang dipublikasikan Kamis kemarin terkait perang yang terjadi di Gaza kemarin, ternyata, dukungan rakyat terhadap gerakan Hamas semakin meningkat. Sementara perdana menteri Ismael Haneya adalah sosok pemimpin yang paling dipercaya oleh rakyat Palestina di Tepi Barat dan Tepi Barat.

Dengan survey ini dimungkinkan, Hamas akan menang kembali melawan Fatah jika diadakan pemilu pada waktu yang akan dating.

Sementara itu, berdasarkan hasil survey menunjukan, mantan presiden Mahmud Abbas yang tidak mengecam serangan militer Israel ke Gaza serta upayanya untuk membuat citra negative terhadap Hamas dengan melontarkan sejumlah kritikan, justru menambah terpuruknya kepercayaan masyarakat kepadanya.

Di sisi lain, tindakan keamanan Abbas terhadap rakyat Palestina di Tepi Barat, menambah kepercayaan masayarakat tambah luntur. Hal ini setidaknya terlihat dari sejumlah aksi yang menentang serangan Israel ke Gaza ditambah dengan kebijakan keamanan Abbas yang berkerja sama dengan tentara Israel dalam menghalangi segala bentuk bantuan kepada Gaza, seperti gerakan donor darah untuk warga Gaza.

Harian ini menjelaskan, Abbas telah gagal dalam membangun kepercayaan rakyatnya. Ia juga tidak bisa meyakinkan Hamas dan faksi perlawanan Palestina bahwa perdamaian dengan Israel sesuatu yang mungkin terjadi.

Harian ini mengisyaratkan, mayoritas rakyat Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza menganggap Abbas dan kelompoknya sebagai pemerintahan korup. (asy)

Iklan