Sekjen PBB ‘ngeri’ atas aksi Israel

Israel juga menyerang kompleks milik PBB di Jalur Gaza
Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, yang tengah berkunjung ke Jalur Gaza, mengatakan, dia sangat bersedih atas kehancuran yang dia saksikan di sana.

Sekjen PBB mengatakan, kondisi di Gaza mengguncang dan meremukkan perasaan.

Ban Ki-Moon yang asal Korea Selatan mengatakan, dia mengutuk aksi yang dia katakan penggunaan kekuatan secara berlebihan oleh Israel.

Ban mengatakan, mereka yang bertanggungjawab harus diminta pertanggungjawaban, dan menuntut “penyelidikan tutas” melalui sistem peradilan yang semestinya.

Sekjen PBB berbicara kepada wartawan di depan puing-puing gudang makanan PBB yang masih membara setelah diterjang peluru Israel.

Tampak tegang dan marah, Ban menyebut serangan itu “keji” dan menuntut jaminan bahwa serangan itu tidak akan terulang.

“Saya sudah memprotes berkali-kali. Saya sekarang memprotes lagi sekeras-kerasnya. Saya meminta penyelidikan penuh, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggungjawab [atas serangan ini],” kata Ban Ki-Moon.

Dia mengatakan, dia akan melakukan segala yang dia mampu kerjakan untuk membantu warga Gaza.

‘Pesan tegas’

Israel menyerang kompleks kantor pusat PBB di Gaza dan dua sekolah PBB dalam operasi militer baru-baru ini.

STATISTIK KONFLIK
Lebih dari 1.300 warga Palestina terbunuh
Sebanyak 13 warga Israel tewas
Lebih dari 4.000 gedung hancur di Gaza, sedangkan 20.000 rusak parah
50.800 warga Gaza kehilangan tempat tinggal, 400.00 tanpa air bersih

Gedung itu rusak berat dan hampir 40 orang terbunuh di dekat salah satu sekolah.

Israel mengatakan, militan Palestina menggunakan gedumg PBB itu sebagai tempat untuk berlindung saat melancarkan serangan, namun militer Israel mengadakan penyelidikan.

Ban di Gaza melihat sendiri skala kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan Israel.

Jurubicara PBB mengatakan, dia ingin menyatakan solidaritas dengan masyarakat Gaza dalam penderitaan mereka.

Ribuan warga kehilangan tempat tinggal dan para pejabat Palestina memperingatkan pembangunan kembali wilayah tersebut 1,9 miliar dollar.

Pimpinan PBB juga mengatakan akan menempuh segala langkah untuk membantu proses perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Saya meminta penyelidikan penuh dan meminta pertanggungjawaban

Ban Ki-Moon Sekjen PBB

“Saya telah mengirimkan pesan tegas kepada dunia bahwa ini kelalaian politik kolektif. Karena itu, saya mengimbau lagi semua pemimpin politik, pihak-pihak terlibat, dan semua pemimpin utama dunia membantu menciptakan atmosfir, politik, sosial dan ekonomi, yang mendukung penyelesaian ini, sehingga Israel dan Palestina bisa hidup berdampingan dalam kedamaian dan keamaan,” katanya.

Dia mengatakan, dia sangat ngeri atas serangan tersebut dan mereka yang bertanggungjawab harus dituntut untuk memberikan pertanggungjawaban.

Ban juga mengatakan, serangan roket Palestina terhadap Israel juga tidak bisa diterima.

Dia mengatakan, kekerasan berulang yang dialami oleh Palestina dan Israel menandai kegagalan politik kolektif, dan masyarakat internasional harus berbuat lebih banyak untuk mendatangkan perdamaian.

Setelah mengunjungi Gaza, Ban juga berkunjung ke kota kecil Israel, Sderot, yang merupakan salah satu sasaran utama serangan roket pejuang Palestina dalam beberapa tahun terakhir.

Pasukan Israel diperkirakan menyelesaikan penarikan mundur dari Gaza hari ini, bertepatan dengan pelantikan Barack Obama sebagai presiden Amerika Serikat yang dimulai 1700 GMT (2400 WIB).

Dalam perkembangan lain, para menteri luar negeri Arab gagal mencapai kata sepakat soal komunike akhir dalam pertemuah puncak di Kuwait yang didominasi dengan sengketa krisis Gaza.

Mereka meneruskan persoalan tersebut kepada para pemimpin Arab yang kemarin juga tidak bisa mencapai titik temu tentang siapa yang mesti dipersalahkan atas serangan Israel.

Presiden Mesir, Hosni Mubarak, mengatakan Hamas mengundang serangan itu dengan tidak bersedia memperpanjang gencatan senjata yang berakhir Desember lalu.

Sedangkan, Presiden Suriah, Bashar al-Assad, mengatakan para pemimpin Arab seharus menyatakan Israel sebagai entitas teroris dan mendukung hal yang dia sebut sebagai perlawanan Palestina.

Sumber : http://smsplus.blogspot.com/2009/01/sekjen-pbb-ngeri-atas-aksi-israel.html