Pimpinan Pejuang Afghanistan Siap Kirim Pasukan ke Gaza



KABUL–MI: Gulbuddin Hekmatyar, salah satu pemimpin kelompok pejuang Afghanistan, Rabu (7/1) menawarkan bantuan ke Palestina yang kini diserang Israel. Buronan pemerintah Amerika Serikat tersebut siap mengirim anak buahnya untuk membantu warga Palestina melawan Israel yang menyebut Jalur Gaza.

Menurut juru bicaranya, Haroon Zarghon, Hekmatyar yang memimpin kelompok Hezb-i-Islami juga meminta warga muslim di seluruh dunia bersatu dan ‘memerangi’ Amerika yang membantu Israel dalam hal ekonomi dan senjata.

“Hezb-i-Islami tidak hanya mengecam invasi dan tindakan barbar Israel terhadap warga Palestina. Jika situasi memungkinan, kami akan mengirim para mujahidin untuk membantu Hamas melawan Israel. Kami memiliki ribuan sukarelawan yang siap ke Gaza untuk berperang melawan Israel. Mereka telah siap dan kami sedang mencari jalan untuk mengirim mereka,” jelas Haroon.

Hekmatyar merupakan salah satu tokoh pejuang Afghanistan. Kelompok yang dipimpinnya melakukan perlawanan terhadap pasukan NATO di Afghanistan pimpinan Amerika terpisah dengan Taliban.

Hakmatyar merupakan salah satu buronan paling dicari Amerika yang menawarkan uang bagi siapa saja yang mampu menangkapnya hidup atau mati. Tokoh pemimpin perjuangan rakyat Afghanistan saat menghadapi invasi Uni Soviet tahun 1980-an ini, sebelumnya juga pernah mengirim pasukannya ke Irak untuk membantu Saddam Hussein dalam Perang Teluk.