[ 8 ]

Keluar Darah Setelah Suci

Pertanyaan:

Ustadz, jika seorang muslimah haidh selama 7 hari setelah itu tidak keluar lagi kemudian ia mandi shalat dan puasa, tapi tiba-tiba setelah dua hari kemudian keluar darah lagi selama sehari lalu bersih lagi, dan keluar lagi selama sehari juga. Apa yang harus dilakukan?

Maemunah – Tangerang, Jawa Barat

Jawaban :

Pada saat haidh, seorang muslimah tidak boleh shalat dan tidak puasa. Kemudian dia mengqodho puasanya selama waktu haidh. Sedangkan shalatnya tidak perlu di qodho. Sebagaimana hadits Rasul saw :

Dari Muadzh berkata, saya bertanya pada ‘Aisyah: ‘Bagaimana kondisi orang yang haidh, mengqodho puasa dan tidak mengqodho shalat? ‘Aisyah berkata: “Apakah anda dari Haruriyah?”. Saya berkata: ‘Saya bukan dari Haruriyah, tetapi saya bertanya. Berkata ‘Aisyah: “Itu yang menimpa kami di bulan Ramadhan, maka kami diperintahkan untuk mengqodho puasa, dan tidak diperintahkan untuk mengqodho shalat.” (HR. Muslim)

Jika setelah bersih, seorang muslimah melihat cairan kuning atau keruh maka ia tetap harus berpuasa, dan berwudhu setiap masuk shalat, karena itu adalah darah kotor (istihadhoh). Jika khawatir darah keluar, sebaiknya ditutup. Hal ini sebagaimana diriwayatkan Umu ‘Atihiyah:

“Kami tidak menganggap sedikitpun, kuning atau keruh (setelah suci).” (HR Ibnu Majah dan An-Nasa’i)

Selanjutnya : 9. Keluar Darah Haidh Saat Puasa

Sebelumnya : 7. Minum Tablet Yang Menahan Haidh

[Sumber : Tarhib & Panduan Ramadhan, 50 Tanya Jawab Seputar Ibadah Puasa dan Lainnya, Dr. Salim Segaf Al-Jufri, MA]