[ 4 ]

Hukum Makan Dan Minum Secara Sengaja Di Siang Hari Ramadhan

Pertanyaan:

Ustadz, pada saat bulan Ramadhan, masih banyak umat Islam yang makan dan minum secara terang-terangan di siang hari. Apa hukumnya seorang yang tidak puasa secara sengaja dan tanpa alasan yang dibenarkan Syari’ah? Apakah dia menjadi kafir atau bagaimana?

Slamet Riyadi – Depok, Jawa Barat

Jawaban :

Seorang yang mengaku muslim kemudian tidak berpuasa karena mengingkarinya maka dia telah kufur. Sedangkan orang yang tidak berpuasa karena malas atau lalai maka dia berada dalam bahaya yang besar karena tidak melaksanakan salah satu rukun Islam dan kewajiban yang penting. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah:183)

Rasulullah saw, bersabda:

“Islam dibangun atas lima rukun: Sahadat laa Ilaha Illallah dan Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, haji dan puasa Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan keterangan di atas, jika seorang muslim meninggalkan puasa tanpa alasan yang dibenarkan Syari’ah, maka dia harus bertaubat. Kemudian mengqodho puasa sebanyak yang ditinggalkannya.

Selanjutnya : 5. Waktu Niat Dan Melafadzkannya

Sebelumnya : 3. Hukum Muslim Yang Tidak Puasa Tanpa Udzur

[Sumber : Tarhib & Panduan Ramadhan, 50 Tanya Jawab Seputar Ibadah Puasa dan Lainnya, Dr. Salim Segaf Al-Jufri, MA]

About these ads